Wisata Sumenep

Dalam rangka untuk mempromosikan berbagai potensi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISBUDPARPORA) mulai melirik berbagai macam cara. Dari mempromosikannya secara manual melalui pembagian brosur, booklet, dan buku-buku lain terkait dengan berbagai destinasi wisata di Sumenep, sampai dengan mempromosikannya lewat dunia maya (internet).

Untuk mendukung program promosi yang dilakukan di dunia maya, maka pihak DISBUDPARPORA Kabupaten Sumenep berinisiatif untuk membuat video promosi tentang berbagai Daerah Tujuan Wisata yang ada di Sumenep. Adapun video tersebut berisi tentang berbagai tempat wisata unggulan yang bisa dikunjungi oleh wisatawan ketika berada di Sumenep, baik wisata alam, wisata religi, wisata budaya, wisata minat khusus, dan juga wisata kepulauan.

Ada dua video yang telah dibuat, yakni video dengan durasi panjang dengan narasi berbahasa Indonesia dan juga video dengan durasi pendek dengan narasi bahasa Inggris. Video berdurasi panjang itu lebih lengkap membahas mengenai berbagai wisata di Sumenep, sasarannya pun untuk para wisatawan lokal yang sudah mengenal Sumenep sebagai salah satu kabupaten terkaya di Pulau Madura. Video berdurasi panjang ini juga dapat menjadi referensi bagi siapa saja yang ingin memperoleh informasi tentang Kabupaten Sumenep lebih banyak lagi. Sedangkan video dengan narasi Bahasa Inggris, dibuat dengan durasi yang lebih pendek dengan tujuan untuk mengundang rasa penasaran para wisatawan asing. Di samping itu, video pendek ini ditujukan untuk memperkenalkan Sumenep pada mata dunia agar lebih banyak wisatawan asing yang berkunjung.
Diharapkan dengan adanya video yang sudah dibagikan di berbagai social media ini akan lebih banyak lagi wisatawan yang berkunjung ke Sumenep, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.