Wisata Sumenep

Sejak sabtu lalu, tampak petugas kebersihan pantai lombang yang berjumlah total 10 org melakukan kegiatan bersih – bersih area pantai lombang. Sebagian ada yang menggunakan mesin pemotong rumput dan sebagian lainnya melakukan pemangkasan pohon – cemara udang yang menjulur ke jalan masuk pantai

Minggu 11 juni 2017 ditemui di lokasi, kepala UPT Pantai Lombang, Anwar yang saat itu turut serta bergabung memimpin kegiatan mengatakan ” Kegiatan bersih-bersih ini sebenarnya rutin kami lakukan secara berkala terutama setiap jumat pagi, tetapi mengingat saat ini kami menghadapi pesta ketupat atau dalam bahasa madura populer dengan sebutan tellasan topak yang biasa digelar setelah hari raya idul fitri, tentu kami sejak beberapa minggu sebelumnya harus mempersiapkan diri, salah satunya bersih2 pantai untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi pengunjung selama pesta ketupat berlangsung”.

 

Kepala UPT Lombang bersama para petugas kebersihan membersihkan area pantai lombang

Kepala UPT Lombang bersama para petugas kebersihan membersihkan area pantai lombang

Ditambahkan pula bahwa kegiatan bersih – bersih seperti ini akan dilakukan setiap hari, selama 2 minggu ke depan dimulai sejak pukul 05.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB, mengingat para petugas kebersihan bekerja sambil melakukan ibadah puasa.

Anwar menambahkan pula bahwa tantangan terbesar dalam menjamin kebersihan pantai lombang yang pertama adalah kesadaran para wisatawan serta pelaku usaha yang beraktifitas di area pantai lombang untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan ketika berwisata di area ini, karena kami sendiri sebenarnya telah menyiapkan beberapa tempat sampah yang kami sebar di area pantai.

Yang kedua adalah pantai lombang memiliki luas 5 hektar dan jarak dari pintu gerbang masuk sampai ke area pantai berjarak kurang lebih 1500 meter, dengan jumlah petugas sebanyak 10 orang tentu ini membuat para petugas harus bekerja extra keras, namun bagi kami yang terpenting tetap semangat untuk memberikan kepuasan kepada wisatawan yang berkunjung. (dra)