Wisata Sumenep

Menyambut Visit Sumenep 2018, bukan hanya potensi wisata saja yang disiapkan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga namun juga Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kabupaten Sumenep. Setelah membentuk generasi muda Kabupaten Sumenep menjadi wirausaha muda melalui peluang Pelatihan Wirausaha Muda di Pusat Inkubator Wirausaha STKIP PGRI Sumenep, kini beberapa Pramuwisata Berlisensi Sumenep mulai dilibatkan dalam beberapa kunjungan kapal pesiar dari tanggal 16 Mei dan kunjungan terbaru pada 29 Mei 2017 kemarin.

Aksi salah satu guide lokal di Keraton Sumenep

Aksi salah satu guide lokal di Keraton Sumenep

Pada kunjungan Star Clipper Cruiseline yang kedua kemarin, salah satu anggota pemandu wisata berlisensi yang bertugas yakni Hambali dan Miskali. Hambali yang membawa 30 orang dari 104 orang total tamu bertugas untuk menangani agenda City Tour yang terdiri dari kunjungan ke Museum Keraton Sumenep, Masjid Jamik, dan Asta Tinggi bersama dengan Pemandu Wisata DISPARBUDPORA, Ramdan Firdaus. Sedangkan Miskali menangani sisa dari total tamu yang memiliki agenda berlibur di Pantai Sembilan, Kecamatan Gili Genting.

Aksi salah satu guide lokal di Pantai Sembilan

Aksi salah satu guide lokal di Pantai Sembilan

Para Pemandu Wisata Muda Berlisensi tersebut menjalankan tugas menangani tamu dan menjelaskan sejumlah potensi wisata yang ada di Kabupaten Sumenep setelah lolos mengikuti pelatihan guide berlisensi yg diadakan oleh HPI Jawa Timur di Singosari beberapa waktu lalu.  Besar harapan agar nantinya para Pemandu Wisata Muda Berlisensi ini dapat ikut mempromosikan destinasi wisata yang ada sehingga ada banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Sumenep. (dee)