Wisata Sumenep

Festival Musik Tong-Tong / Perkusi Se Madura 2015 yang digelar Sabtu malam (31/10) mendapat sambutan hangat dan meriah dari warga masyarakat Madura, khususnya Kabupaten Sumenep dengan memadati setiap sudut jalur route yang dilalui peserta. Festival Musik Tong-Tong / Perkusi Se Madura yang digelar sejak tahun 1991 itu dilaksanakan atas kerjasama Keluarga Besar FKPPI Cabang 1327 Sumenep dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Sumenep, dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke 746 Kabupaten Sumenep, dengan start di depan GOR A. Yani Pangligur Sumenep, dan start di depan Mapolsek Kota Sumenep.

Plh Bupati Sumenep, Drs. Hadi Soetarto, M.Si ketika melepas secara resmi peserta Festival Musik Tong-Tong / Perkusi Se Madura 2015 mengatakan, dengan menggali dan melestarikan kesenian tradisional berupa musik Tong-Tong ini bertujuan untuk menggugah kecintaan kita terhadap karya seni dan budaya yang diciptakan dan dimiliki masyarakat Madura, sehingga mampu mendorong generasi muda pada seni tradisional yang unik ini. Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Edi Susanto, S.Pd dalam laporannya mengatakan, kegiatan Festival Musik Tong-Tong / Perkusi Se Madura 2015 ini dianggarkan melalui dana APBD Kabupaten Sumenep tahun 2015 dengan memperebutkan Trophy Bergilir Bupati Sumenep, Uang Pembinaan dengan total sebesar Rp. 50 Juta, serta Trophy Tetap dan Piagam Penghargaan.

Festival Musik Tong-Tong / Perkusi se Madura tahun ini diikuti sebanyak 12 grup yang berasal dari Kabupaten Pamekasan, dan Sumenep sendiri, sedangkan dari Kabupaten Sampang dan Bangkalan belum bisa mengirimkan pesertanya. Dan berdasarkan hasil keputusan Dewan Juri yang didatangkan dari Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) dan dari lokal Sumenep, dapat ditentukan sebagai berikut : 10 Nominator Terbaik Musik Tong-Tong / Perkusi Se Madura 2015, Puser Angin dari Pasongsongan Sumenep, Angin RIbut dari Pasongsongan Sumenep, Kacong Kramat dari Guluk Guluk Sumenep, Lanceng Kramat dari Pamekasan, Semanggi Emas dari Pamekasan, Putra Sumekar dari Lenteng Barat Sumenep, Sengareong dari Pandian Sumenep, Rato Sagara Pamekasan, Barong Ireng Pasean Pamekasan, dan Rampak Naong dari pamekasan.

Sedangkan 10 Nominator Terbaik Dekorasi, masing-masing Puser Angin Pasongsongan Sumenep, Angin Ribut Pasongsongan Sumenep, Lanceng Kramat Pamekasan, Semanggi Emas Pamekasan, Singo Barong Paberasan Sumenep, Putra Sumekar Lenteng Barat Sumenep, Sengareong Pandian Sumenep, Barong Ireng Pamekasan, Rampak Naong Pamekasan dan Lanceng Kanak Pamekasan. Kemudian,5 Group Aransemen Musik Terbaik masing-masing adalah Puser Angin Pasongsongan Sumenep, Angin Ribut Pasongsongan Sumenep, Semanggi Emas Pamekasan, Barong Ireng Pamekasan dan Rampak Naong Pamekasan. Grup Musik Tong-tong yang sukses menggondol Trophy Bergilir Bupati Sumenep tahun 2015 ini adalah Group Musik Tong-Tong Puser Angin dari Pasongsongan Kabupaten Sumenep. (y2k)