Wisata Sumenep

Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam hal ini Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Sumenep saat ini sedang mempersiapkan pelaksanaan Festival Dalang Remaja Tahun 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Sumenep Sufiyanto SE, M,Si menuturkan bahwa dilaksanakannya Festival Dalang Remaja ini didasarkan pemikiran bahwa ketersediaan para pendalang topeng dalang Sumenep yang saat ini sudah berusia di atas 50 tahun, hal ini kalau tidak segera dilakukan langkah strategis tentunya akan mengancam kelestarian salah satu seni pertunjukan tradisional Sumenep, sehingga dengan terselenggaranya even ini maka akan lahir banyak dalang – dalang remaja yang nantinya akan menjadi penerus kesenian topeng dalang Sumenep tetap lestari dan terhindar dari kepunahan.

Sufiyanto SE. M.Si menambahkan pula bahwa kegiatan ini rencananya akan diikuti oleh 25 orang pelajar/mahasiswa/ umum dengan 10 nominasi yg akan diraih oleh para nominator, dan akan dilaksanakan menjelang peringatan Hari Jadi Sumenep ke-748 Tahun 2017.

Konsep acara ini pun akan bersifat wajib tonton terutama bagi para pelajar di Kabupaten Sumenep yang dilaksanakan indoor karena dimulai sejak pagi hingga malam hari, untuk itu diharapkan agar kelompok seni topeng dan sekolah – sekolah di sumenep agar mulai sekarang mempersiapkan siswanya untuk berlatih dan mengikuti lomba ini, mengingat even ini diadakan bertepatan dengan momentum visit sumenep 2018 mendatang.

Saat ini teknis pelaksanaan kegiatannya sedang dirumuskan oleh tim teknis yang merupakan para pelaku seniman Topeng Dalang Sumenep pungkasnya.

Ahmad Darus, S.Pd salah satu dalang yang cukup dikenal di Sumenep mengatakan, bahwa butuh waktu yang panjang untuk melatih seseorang menjadi bisa dan ahli untuk menjadi pedalang topeng dalang, berbeda dengan penari peraga topeng dalang yang tidak butuh waktu terlalu lama, asal anak yang dimaksud punya minat dan bakat.(dra)