Wisata Sumenep

Pada zaman ini tidak dapat dipungkiri jika angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat dari hari ke hari. Hal ini membuat beberapa daerah/kabupaten di Indonesia berlomba-lomba untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan upaya yang dinilai efektif mengurangi angka pengangguran, salah satunya dengan membuka lowongan pekerjaan. Langkah serupa juga diambil oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui SKPD yang ada untuk membantu masyarakat membuka lowongan pekerjaan sendiri dengan kemampuan yang mereka miliki. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui beberapa SKPD terkait kini mengadakan Pelatihan Wirausaha Muda yang bertujuan untuk mencetak 1000 lebih wirausahawan muda di tahun 2017. Diharapkan output yang didapat pasca pelaksanaan pelatihan ini adalah lahirnya wirausahawan-wirausahawan muda yang berkompetensi dalam bidangnya sehingga nantinya mereka dapat membuka lapangan kerja sendiri.

Adapun beberapa bidang usaha yang akan dilatih oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep antara lain:

  1. Pelatihan Membatik
  2. Pelatihan Kerajinan Souvenir Khas Sumenep
  3. Pelatihan Tata Boga
  4. Pelatihan Pemandu Wisata Berlisensi
  5. Pelatihan Manajemen Usaha Biro Perjalanan Wisata

Persyaratan yang harus dipenuhi peserta pelatihan yakni:

  1. Lulusan SMA / SMK / MA / dan PONPES yang tidak melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi
  2. Lulusan S1 atau S2
  3. Tidak sedang menjalankan kegiatan usaha
  4. Berusia antara 16 tahun sampai dengan 35 tahun yang dibuktikan dengan KTP yang masih berlaku

Calon wirausahawan dapat mendaftarkan diri di Bagian Sekretariat Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep Jl. Dr. Soetomo No.5 Sumenep mulai tanggal 25 Mei – 10 Juni 2016 setiap jam kerja. Jika ada hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan juga di tempat pendaftaran.

Jika sudah terdaftar, maka para calon wirausahawan akan dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) STKIP PGRI Sumenep Jl. Trunojoyo Gedungan, Sumenep (Depan SPBU Gedungan Sumenep) Pada Bulan Juni 2016 mulai pukul 08.00 – selesai.