Wisata Sumenep

Hari Jadi Kab.Sumenep Ke-746

Hari Jadi Kabupaten Sumenep Ke-746

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sufiyanto, SE, M.Si berharap seluruh masyarakat di Kabupaten Sumenep, utamanya para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Sumenep untuk lebih menghayati kegiatan Hari Jadi Ke 746 Kabupaten Sumenep tahun ini.

“Kami hareapkan, utamanya kepada para PNS dalam suasana Hari Jadi Kabupaten Sumenep tahun ini untuk meningkatkan kinerja seperti yang dilakukan para perintis dan pendiri Sumenep terdahulu,”ungkapnya kepada News Room di kantornya, Kamis (30/10).

Menurutnya, semangat dan pengabdian para raja dan penggawanya dapat dijadikan contoh keteladanan. Sebab, kejayaan saat ini juga tidak lepas dengan semangat dan kegigihan para pendahulu dalam membangun Sumenep hingga mencapai masa kejayaan hingga saat ini.

Diharapkan pula bagi seluruh masyarakat di Sumenep untuk tetap melestarikan momentum Hari Jadi Kabupaten Sumenep sebagai sebuah tradisi untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan, serta tradisi masa lalu. Seperti halnya melestarikan bahasa Madura, serta memakai baju adat Sumenep.

“Memakai baju adat tidak hanya seperti yang dipakai para Raja, namun baju adat Sumenep yang tradisonal juga perlu tetap harus menjadi kebanggaan masyarakat Sumenep,”tambahnya.

Sementara itu, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Ke 746 Kabupaten Sumenep, tetap semarak, meskipun tidak ada prosesi Arya Wiraraja. Seperti halnya pelaksanaan Sape Sonok, Kerapan Sapi, Fun Bike, JJS, yang sudah dilaksanakan bulan September lalu, dan di bulan Oktober ini kembali dilaksanakan Kerapan Sapi, Tennis, Badminton, Pameran Pembangunan, Festival Musik Tong-Tong, dan kegiatan lainnya.

Sedangkan rangkaian kegiatan pada Hari Jadi Kabupaten Sumenep, dilaksanakan kegiatan Haul Akbar, dan Ziarah ke Makan Raja-Raja Sumenep di Asta tinggi, Upacara hingga Rapat Paripurna Hari Jadi Ke 746 Kabupaten Sumenep. ( Ren, Esha, y2k)